iden

Ada apa denganM-Paspor

Kapan waktu pembukaan kuota di aplikasi M-Paspor ?

Kuota pada aplikasi M-Paspor untuk kedatangan ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung dan Unit Layanan Paspor Miko Mall dibuka 2 kali sebulan, yakni pada pertengahan bulan dan akhir bulan. Kuota yang dibuka tersebut diperuntukan untuk kedatangan bulan berikutnya. Untuk informasi pembukaan kuota akan diposting pada media sosial kami.

Bagaimana cara pembayarannya ?

Pembayaran paspor bisa dilakukan secara tunai melalui kantor pos, indomaret dan teller bank persepsi atau secara virtual/non tunai melalui mobile banking atau internet banking untuk bank yang menyediakan pembayaran PNBP. Pembayaran pun juga dapat dilakukan pada merchant seperti Tokopedia.

Kenapa tidak bisa download surat pengantar ?

Jika pemohon tidak bisa mengunduh/ download surat pengantar kedatangan, pemohon dapat melakukan tangkapan layar (screenshot) pada laman status pemohon pada aplikasi M-Paspor lalu mencetaknya sebagai ganti surat pengantar kedatangan tersebut.

Bagaimana jika terjadi "email tidak valid" saat akan mendaftar ?

Email tidak valid terjadi disebabkan email pernah digunakan dalam pendaftaran atau sudah terdata pada sistem. Untuk itu pemohon silahkan gunakan fitur lupa kata sandi yang ada pada laman login. Setelah itu lanjutkan proses selanjutnya.

Apakah bisa ubah jadwal kedatangan ?

Perubahan jadwal kedatangan dapat dilakukan maksimal H-1 sebelum jadwal kedatangan. Hal ini dapat dilakukan jika masih terdapat tanggal yang tersedia. Pemohon tidak dapat melakukan perubahan jadwal pada tanggal yang sudah penuh atau belum dibuka.

Apa langkah setelah dapat jadwal ?

Setelah menentukan jadwal kedatangan, pemohon harus melakukan pembayaran maksimal 2 jam sejak kode billing muncul. 

Kenapa kode billing tidak muncul juga ?

Kode billing membutuhkan waktu beberapa saat untuk muncul. Harap ditunggu dan dicoba secara berkala. Kode billing juga dapat dicek melalui email pemohon.

Bagaimana jika permohonan sudah kadaluarsa ?

Permohonan akan kadaluarsa jika tidak melakukan pembayaran dalam batas waktu yang telah ditentukan. Untuk pemohon yang permohonan nya sudah kadaluarsa, pemohon dapat melakukan permohonan ulang setelah 3x24 jam.

Kenapa status di aplikasi tidak berubah ?

Perubahan status permohonan pada aplikasi M-Paspor membutuhkan waktu 10-60 menit. Harap menunggu dan cek secara berkala. Jika status belum berubah sampai jadwal kedatangan, silahkan lakukan tangkapan layar (screenshot) laman status pada aplikasi lalu mencetaknya. Saat jadwal kedatangan, bawa dokumen lengkap, cetak laman status tersebut dan bukti pembayaran. 

Bagaimana jika kode OTP tidak valid ?

Kode OTP tidak valid disebabkan karena adanya kendala di Direktorat Jenderal Imigrasi. Silahkan cek secara berkala. Untuk kasus ini hanya daapat diselesaikan di Direktorat Jenderal Imigrasi.

Apakah uang dapat kembali jika tidak bisa datang ?

Sesuai dengan yang tertuang dalam informasi, notifikasi dan surar pengantar kedatangan pada Aplikasi M-Paspor, uang yang telah terbayarkan untuk melakukan permohonan paspor pada aplikasi M-Paspaor tidak dapat kembali. Harap datang sesuai dengan jadwal yang diplih.

Map

Jl. Surapati No 82 Kota Bandung 40122

Email Kehumasan
infokim.bandung@gmail.com

 

logo besar kuning
KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI BANDUNG
KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM JAWA BARAT