Kanwil Kemenkumham Jabar Laksanakan Pembinaan dan Penguatan Evaluasi Hasil SPKP dan SPAK Pada Rutan Garut

2445.jpeg

GARUT - Menindaklanjuti arahan Kakanwil Masjuno dan Kadivyankumham Andrieansjah, Bidang HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat (Kanwil Kemenkumham Jabar) melaksanakan Kegiatan Pembinaan dan Penguatan Evaluasi Hasil Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP) dan Survei Persepsi Anti Korupsi (SPAK) yang bertemapat di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Garut (Rabu, 02/10/2024).

Kepala Subbidang P3HAM Kanwil Jabar Dani Kusmawan beserta tim diterima oleh Kepala Rutan Garut Fahmi yang mengapresiasi kedatangan tim Kanwil dalam rangka memberikan pembinaan dan penguatan terkait pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBK - WBBM), selanjutnya beliau menyampaikan sosialisasi pembinaan dan penguatan SPKP SPAK menjadi salah satu acuan penilaian yang mana secara teknis masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada Rutan Garut yaitu terdapat kendala saat akan masuk link aplikasi survey SPAK SPKP karena keluarga warga binaan Rutan Garut masih banyak yang belum menggunakan perangkat smartphone, oleh karena itu Rutan Garut menyediakan komputer di Ruang Pelayanan yang dilengkapi sarana video call.

Kasubbid Dani menyampaikan bahwa mengenai melalui Strategi Kebijakan Hukum dan HAM diantaranya dilaksanakan Survei Persepsi Anti Korupsi dan Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPAK-SPKP). Pemanfaatan kedua survei tersebut yaitu Sebagai Data Dukung Capaian Kinerja Kementerian Hukum dan HAM.

Pada survei yang terdahulu, responden hanya dimintakan sebanyak 30 orang saja, namun sesuai dengan edaran Menpan RB no. 90 Tahun 2021, penghitungan sampel responden yang ideal disesuaikan dengan rumus Slovin. Survei SPKP SPAK digunakan untuk mengetahui kekurangan apa saja yang perlu di evaluasi dan dan pelayanan yang perlu di tingkatkan. Survei dilaksanakan dengan cara mengambil sampel dari para responden, sampel yang dimaksud pada tabel adalah responden dan populasi adalah pengguna layanan. Perlu di perhatikan bahwa pengguna layanan bukan hanya pengunjung namun juga warga binaan karena responden dilihat dari pengguna layanan.

Tim Kanwil menyarankan agar para warga binaan dapat mengisi survei maka perlu disediakan perangkat komputer di dalam Lapas/Rutan serta bantuan teknis agar pengisian survei dilaksanakan sesuai prosedur yang berlaku. Dari pemantauan oleh Kanwil Jabar, Rutan Garut sudah melaksanakan responden survei secara bagus dan diharapkan terus meningkatkan konsistensi pelaksanaan SPAK-SPKP dengan peningkatan atensi dari pimpinan.

PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Surapati No. 82, Kota Bandung, Jawa Barat 40122
PikPng.com phone icon png 604605   Nomor Pengaduan :08112261111
PikPng.com email png 581646   Email Kantor : kanimbandung@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Humas : infokim.bandung@gmail.com
     

 

Media Sosial kami

Instagram @kantorimigrasibandung
Twitter/ X @kanimbandung
Facebook  kantorimigrasibandung

 

logouptpas
 
KANTOR IMIGRASI
KELAS I TPI BANDUNG


  twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. Jakarta No.27, Kebonwaru, Kec. Batununggal
Kota Bandung, Jawa Barat 40272
PikPng.com phone icon png 604605   08123456789
PikPng.com email png 581646   uptxxx@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   uptxxx@kemenkumham.go.id

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI